Bbvet Denpasar Meraih Predikat Presenter Terbaik Ii Pada Ratekpil Tahun 2014 Di Yogyakarta

posted in: Berita | 0

Rapat Teknis dan Pertemuan Ilmiah (Ratekpil) serta Surveilans Kesehatan Hewan tahun 2014 merupakan pertemuan ilmiah rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Jakarta. Ratekpil kali ini diselenggarakan di Hotel Jambuluwuk, Yogyakarta dari tanggal 1-3 Oktober 2014.

Pertemuan di buka oleh Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh. Pudjiatmoko, Ph.D mewakili Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Peserta pertemuan berasal dari dinas-dinas yang menjalankan fungsi peternakan, laboratorium kesehatan hewan tipe B dan C, Puskeswan dari seluruh Indonesia serta  seluruh UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Materi yang dibahas antara lain : penyakit hewan menular strategis dan zoonosis (Avian Influenza, Rabies, Anthrax, Brucellosis, Jembrana, Infectious   Bovine Rhinotracheitis, Hog Cholera, Surra), simulasi penyakit eksotik (PMK), investigasi wabah, iSIKHNAS, laporan kasus serta pengembangan metode uji penyakit hewan.

Ratekpil juga dimanfaatkan sebagai ajang untuk bertukar informasi tentang hasil-hasil surveilans, monitoring,  investigasi penyakit hewan, laporan kasus, pengembangan metode uji yang disampaikan oleh masing-masing presenter dari seluruh Indonesia yang dapat dipakai sebagai bahan acuan dalam menyusun langkah strategis pencegahan, pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan menular strategis dan zoonosis.

Pada Ratekpil tahun ini, BBVet Denpasar mengirimkan 4 presenter yaitu (Drh. I Wayan Masa Tenaya, M.Phil, Ph.D; Dr. Drh. Nyoman Dibia, M.P, Drh. N.L.P Agustini, M.P., Drh. I Ketut Eli Supartika, M.Sc) dan 1 orang peserta (Drh. A.A.S. Dewi, M.P). Pada kesempatan ini terpilih Drh. Melky Angsar, Dinas Peternakan NTT (juara I), Dr. Drh. N Dibia, M.P, dari BBVet Denpasar (juara II) dan Drh. Wahyuni dari BBVet Maros (juara III) sebagai 3 besar presenter terbaik.

(Penulis : Eli Supartika)

Leave a Reply