BIMBINGAN TEKNIS INVESTIGASI OUTBREAK DI BBVET DENPASAR

posted in: Berita | 0

Dalam rangka antisipasi kejadian peningkatan kasus/penyakit hewan (outbreak/wabah) di wilayah kerja Balai Besar Veteriner Denpasar, menuntut para petugas lapangan, dalam hal ini medik veteriner untuk mampu menginvestigasi outbreak yang sedang terjadi mulai dari mengidentifikasi; menemukan sumber dan arah penyebaran; menganalisa faktor risiko; sampai menentukan cara pengendalian, penanggulangan, dan pencegahannya. Outbreak adalah peningkatan kejadian penyakit yang melebihi ekspektasi normal secara mendadak pada suatu komunitas, dibatasi tempat dan periode waktu tertentu. Berkenaan dengan hal tersebut, agar pengendalian, penanggulangan, dan pencegahan penyakit dapat dilaksanakan dengan baik, diperlukan bimbingan teknis mengenai investigasi outbreak penyakit hewan, maka Balai Besar Veteriner (BB-Vet) Denpasar melaksanakan Bimbingan Teknis Investigasi Outbreak, dilaksanakan di Ruang Serba Guna BB-Vet Denpasar pada tanggal 30-31 Januari 2019.

Tujuan dari kegiatan Bimbingan Teknis Investigasi Outbreak ini adalah meningkatkan kapasitas dan kapabilitas medik veteriner BB-Vet Denpasar dalam mengidentifikasi; menemukan sumber dan arah penyebaran; menganalisa faktor risiko; menentukan cara pengendalian, penanggulangan dan pencegahan outbreak penyakit hewan. Sasaran dari kegiatan Bimbingan Teknis Investigasi Outbreak ini adalah medik veteriner BB-Vet Denpasar sebagai ketua tim investigator penyakit di lapangan.

Bimtek ini diikuti oleh seluruh medik veteriner BB-Vet Denpasar. Fasilitator bimtek membawakan beberapa modul bimtek antara lain: premodul atau penjelasan awal mengenai outbreak atau wabah; peran, tanggung jawab, dan rencana kontingensi; langkah-langkah investigasi; persiapan kunjungan lapangan; pembuatan timeline; pembuatan peta partisipatif; tracing dan membuat hipotesis. Para peserta juga diberikan materi mengenai cara pelaporan investigasi baik melalui laporan manual, whatsapp, maupun iSikhnas.

Output yang diharapkan dari kegiatan Bimbingan Teknis Investigasi Outbreak  adalah medik veteriner BB-Vet Denpasar yang mampu mengidentifikasi; menemukan sumber dan arah penyebaran; menganalisa faktor risiko; menentukan cara pengendalian, penanggulangan dan pencegahan outbreak penyakit hewan.

 

Leave a Reply