In House Training Paramedik Veteriner Di Wilayah Kerja Balai Besar Veteriner Denpasar Tahun 2015

posted in: Berita | 0

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Paramedik Veteriner, Balai Besar Veteriner Denpasar menyelenggarkan  In House Training Paramedik Veteriner yang bertempat di Gedung Serba Guna BBVet Denpasar. Acara  diikuti oleh 33 peserta yang berasal dari BBVet Denpasar, BPT HPT Bali, Laboratorium Kesehatan Hewan Tipe B, Dinas Peternakan/yang menangani fungsi peternakan (Puskeswan) dan Balai Karantina Pertanian.  Narasumber dalam in house training kali ini berasal dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Udayana Denpasar dan dari Balai Besar Veteriner Denpasar.

 

Acara in house training yang berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 6 s.d. 8 Juli 2015 ini diawali dengan acara pembukaan secara resmi yang berlangsung dengan tertib di Gedung Serba Guna BBVet Denpasar. Acara yang rencananya akan dibuka oleh Bapak Dirkeswan, namun karena sesuatu hal bapak Dirkeswan/yang mewakili berhalangan untuk hadir sehingga acara dibuka oleh Bapak Kepala BBVet Denpasar. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan acara presentasi materi.

 

Materi yang disampaikan dalam acara tersebut meliputi: Gambaran surveilans PHM di Wilker BBVet Denpasar, Pengenalan PHMS (Epidemiologi, Patologi dan Diagnosa Penyakit), Tatacara pengambilan, penanganan dan pengiriman sampel ke Laboratorium, Teknik nekropsi hewan dan unggas beserta pengenalan patologi anatomi penyakit hewan, Diagnosa Laboratorium SE, Pullorum, Avian Influenza, Kesmavet dan Gangguan reproduksi pada ternak sapi. Selain presentasi, pada hari ke-2 dan ke-3 juga dilakukan praktikum di laboratorium Kesmavet, Parasitologi, Patologi, Bakteriologi dan Virologi.

 

Seluruh rangkaian acara mulai dari pembukaan, presentasi materi dan praktikum di laboratorium berjalan dengan lancar dan tertib. Pada acara itu juga dilakukan pre test dan post test bagi para peserta untuk mengevaluasi hasil training. Hasil test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mengenai materi/topik yang disampaikan antara sebelum training dan setelah training.

Leave a Reply