UJI BANDING KIT ELISA UNTUK DETEKSI ANTIBODI PENYAKIT JEMBRANA

posted in: Berita | 0

Pendahuluan

Penyakit Jembrana/Jembrana disease (JD) merupakan salah satu Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) yang ada di Indonesia. Saat ini JD telah menyebar ke Lampung, Bengkulu, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jambi dan Riau.

 

Salah satu upaya pencegahan JD di Indonesia dilakukan dengan vaksinasi. Sapi Bali akan terpoteksi terhadap JD apabila sapi tersebut memiliki antibodi JD dalam tubuhnya, Uji ELISA merupakan salah satu metoda yang digunakan untuk mengetahui respon antibodi yang terbentuk pascavaksinasi. Uji ELISA adalah uji serologis pertama yang dikembangkan untuk deteksi antibodi JD. Sejak tahun 2002 uji ELISA JD di Balai Besar Veteriner Denpasar sudah menggunakan antigen J Gag6 yang diproduksi dengan teknik rekombinan protein. Ada beberapa keunggulan dari teknik rekombinan protein tersebut antara lain : tidak memerlukan hewan donor (sapi Bali) dan tidak memerlukan ultracentrifuge

 

Sejak tahun 2003 telah dilakukan transfer teknologi tentang produksi antigen JD tersebut kepada staf Pusvetma dan telah dilakukan proses produksi Kit ELISA menggunakan antigen    J Gag6 histidine. Sebelum diedarkan ke pasaran sebagai Kit diagnostik maka perlu dilakukan uji banding untuk mengetahui kehandalan Kit ELISA tersebut. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian No : 89/Kpts/PD620/2012, BBVet Denpasar ditunjuk sebagai laboratorium rujukan untuk diagnosa JD. Berdasarkan hal tersebut maka uji banding Kit ELISA JD produksi Pusvetma dilakukan dengan BBVet Denpasar.

Tujuan Uji Banding

Mengetahui tingkat kesesuaian hasil uji Kit ELISA JD produksi Pusvetma dengan BBVet Denpasar.

 

Waktu dan Lokasi Uji Banding

Uji Banding Kit Elisa JD dilakukan dari tanggal 22 sampai dengan 25 Desember 2015 di laboratorium PMPP Pusvetma Surabaya.

Hasil Uji Banding

Analisa data hasil uji banding Kit ELISA JD produksi Pusvetma dengan uji Kappa menunjukkan kesepakatan kesesuaian yang baik dengan nilai Kappa 0.86 (Excellent Agreement).

 

Kesimpulan dan Saran

Berdasarkan hasil uji Banding Kit ELISA JD produksi Pusvetma sudah layak digunakan untuk Kit Diagnostik JD setelah mendapat nomor Registrasi dari Pengawasan Obat Hewan

Leave a Reply