UJI EFIKASI VAKSIN JEMBRANA DI PUSAT VETERINER FARMA SURABAYA

posted in: Berita | 0

UJI EFIKASI VAKSIN JEMBRANA  DI PUSAT VETERINER FARMA SURABAYA

Salah satu upaya pencegahan  penyakit Jembrana adalah dengan cara vaksinasi. Sejak diketahui agen penyebab penyakit Jembrana adalah virus , maka upaya pengembangan vaksin Jembrana terus dilakukan di Balai Besar Veteriner (BBVet) Denpasar. Atas pertimbangan produksi vaksin bukan merupakan tugas Pokok dan fungsi BBVet Denpasar maka sejak Februari 2010 vaksin Jembrana di produksi di Pusvetma Surabaya  Untuk mengetahui respon antibodi dan keamanan serta efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin yang diproduksi tersebut maka dilakukan uji efikasi vaksin Jembrana di Pusat Veteriner Farma Surabaya.

Rangkaian uji efikasi Vaksin JD meliputi :

Pretreatmen yaitu perlakuan yang diberikan pada sapi yang akan digunakan sebagai hewan percobaan meliputoi pemberian vitamin, antibiotic, vaksin SE, obat cacing dan penyemprotan dengan insektisida, serta dilakukan pengambilan sampel darah dan serum untuk memastikan sapi tersebut bebas JD.

Vaksinasi yaitu penyuntikan vaksin yang akan diuji sebanyak 3 ml per ekor secara intramuskuler pada tiga ekor sapi Bali bebas JD. Vaksinasi ini dilakukan sebanyak 2 kali dengan interval waktu pengulangan 1 bulan setelah vaksinasi pertama.

Pengamatan Klinis pascavaksinasi.  Pengamatan ini dilakukan untuk melihat ada tidaknya gejala klinis JD yang muncul pascavaksinasi.

Pembuatan hewan donor dilakukan dengan cara menyuntikkan 1 ml suspensi limpa positif JD 10% secara intravena pada satu ekor sapi bebas JD

Uji Tantang dilakukan dengan menyuntikkan  plasma positif JD  100ID50  sebanyak 1 ml pada sapi yang sudah divaksinasi JD.

Pengamatan Klinis pasca Uji tantang. Pengamatan ini meliputi ada tidaknya gejala klinis JD yang muncul pasca uji tantang.

Kegiatan Uji Efikasi Vaksin JD di Pusvetma  tahun 2017 baru sampai pada pelaksanaan vaksinasi dan pengamatan klinis pascavaksinasi.

 

IMG-20170705-WA0006

IMG-20170705-WA0007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *